Objektivitas Tempo.co dalam Memberitakan Sosok Jokowi

Penulis

  • Anastasia Yunita Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Salman Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

DOI:

https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v9i1.203

Kata Kunci:

analisis isi kuantitatif, berita, media daring, objektivitas

Abstrak

Presiden Jokowi menjadi presiden terpilih untuk kedua kalinya pada pemilu serentak di tahun 2019. Sebelumnya, ia telah dikenal bukan di rancah nasional namun juga internasional sebagai sosok yang sederhana dan pekerja keras. Kebijakan dan kinerjanya menjadi perhatian publik. Namun, tentu masih terdapat pihak yang pro ataupun kontra dengan Jokowi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa objektivitas Tempo.co. dalam memberitakan sosok Jokowi dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif dan mengaplikasikan kerangka Objektivitas Westerstahl. Hasil penelitian menunjukkan tingkat objektivitas Tempo.co adalah sebesar 51.03%. Selain itu, berita yang paling banyak diberitakan secara tidak objektif adalah berita dengan tema kinerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-02-08