Kajian Literatur Kurikulum E-sport dan Perkembangan Industri Game

Penulis

  • Harya Bima Dirgantara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Tedi Lesmana Marselino Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Yulia Ery Kurniawati Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

DOI:

https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v10i1.1799

Kata Kunci:

game, e-sport, terlatih, sportif

Abstrak

: Perkembangan industri game yang pesat, menjadikan game sudah menjadi bagian dari kehidupan saat ini. Game yang dulunya hanya digunakan sebagai hiburan sudah merambah dalam bidang olah raga yang disebut dengan e-sport. E-sport pun sudah mulai berkembang di Indonesia terbukti dengan adanya beberapa tim e-sport dan kompetisi professional di Indonesia. Dalam proposal ini, diajukan pengembangan kurikulum e-sport. Tujuannya supaya suatu organisasi/ badan industri/ sekolah yang memandang e-sport sebagai budaya olahraga baru dan siap untuk mendukung serta apabila memungkinkan ikut mengembangkan calon atlet e-sport agar lebih piawai, terarah, dan disiplin, serta sportif. Pelatihan dan pengembangan dirancang secara sistematis sehingga calon atlet e-sport dapat memperoleh capaian pembelajaran yang tepat. Hasil dari program ini adalah rancangan kurikulum e-sport yang dapat mendidik masyarakat menjadi atlet ­e-sport yang disiplin, tangkas, bertanggung jawab, terlatih, dan terarah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-03-10