Penerapan Algoritma Regresi Linear untuk Prediksi Penjualan Beberapa Produk Makanan dan Minuman (Studi Kasus: Kantin Berkat)
DOI:
https://doi.org/10.53008/ze4rcb25Keywords:
mape, prediksi, python, regresi linear sederhanaAbstract
Penjualan merupakan aktivitas yang memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Setiap pelaku usaha memiliki dokumentasi data penjualannya. Kantin Berkat, UMKM yang menjual produk makanan dan minuman, selalu mendokumentasikan jumlah penjualan hariannya. Dokumentasi dilakukan untuk mencatat jumlah penjualan produk setiap hari. Penjualan produk di Kantin Berkat bervariasi, bahkan pada beberapa produk menunjukkan fluktuasi jumlah penjualan. Dampak dari kondisi ini adalah sering terjadinya beberapa produk yang harus terbuang karena pada hari tertentu produk tersebut tidak laku sehingga mempengaruhi perolehan keuntungan di Kantin Berkat. Penelitian mencoba untuk melakukan prediksi jumlah penjualan pada hari berikutnya berdasarkan data penjualan yang terjadi dua tahun sebelumnya. Prediksi dilakukan dengan Algoritma Regresi Linear Sederhana dengan pengkodean Python untuk lima produk, yaitu seblak, dimsum, singkong, es jeruk, dan es teh manis. Hasil pengujian terhadap algoritma menunjukkan bahwa nilai MAPE untuk hasil prediksi kelima produk secara berturut-turut adalah 35,86%, 28,17%, 48,20%, 15,92%, dan 20,03%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.






